(JAMBI – COMPROV.ID) Halo semua! Bahagia rasanya, kali ini TLE kembali berkesempatan mengunjungi Kota Jambi. Bersama Warsi, pada kunjungan kali ini, kami melakukan serangkaian kegiatan penguatan langkah kolaborasi pengembangan inovasi produk unggulan berbasis komoditas lokal milik beberapa kelompok masyarakat yang didampingi oleh Warsi.

Kegiatan ini merupakan tahapan lanjutan dari kunjungan dan diskusi online yang telah dibangun bersama Warsi sebelumnya. Pada tahap ini kami melakukan proses ideasi bersama para pendamping/fasilitator Warsi. Kami berdiskusi, membedah dan merumuskan model bisnis/strategi pengembangan usaha yang relevan, dalam rangka mengembangkan serta menjaga keberlanjutan usaha yang dijalankan oleh kelompok masyarakat binaan Warsi.

 

Diskusi diawali dengan merumuskan tujuan dan target usaha serta menurunkannya dalam benerapa tahapan capaian beserta langkah insiatifnya, dilanjutkan dengan menentukan segmentasi pasar, memetakan pengalaman pelanggan, meningkatkan value, merumuskan saluran pemasaran yang efektif, memetakan potensi kemitraan strategis, menghitung HPP dan mementukan harga jual produk hingga kemungkinan peluang sumber pendapatan lain dari usaha yang dijalankan.

Tak ketinggalan pada kesempatan kali ini kawan2 fasilitator Warsi juga dibekali dengan wawasan serta pemgetahuan terkait GMP (Good Manufacturing Practice) sebagai upaya penumbuhan kesadaran serta peningkatan keterampilan pengolahan komoditas lokal menjadi produk yang memenuhi aspek keamanan dan kesehatan. Rangkaian kegiatan ditutup dengan RnD sekaligus praktek pembuatan produk olahan berbasis komoditas lokal dengan menerapkan perlakuan dan standar yang memenuhi aspek kesehatan dan keamanan.

 

Keseluruhan kegiatan berlangsung sangat menyenangkan. Tak terasa waktu berjalan begitu cepat. Semangat dan partisipasi aktif kawan2 fasilitator Warsi selama kegiatan menjadi energi tersendiri bagi kami. Keterlibatan kawan2 fasilitator Warsi pada tahap kali ini diharapkan dapat menjadi titik simpul perubahan kemajuan kelompok masyarakat yang didampingi oleh Warsi.

Terimakasih Warsi, Terimakasih Jambi! Sampai berjumpa lagi! Mari kita lanjutkan mewujudkan mimpi kita bersama.

#janganlelahberproses