(KABUPATEN BANDUNG – TLECOMPROV.ID) Kontribusi pelaku wirausaha terhadap pembangunan suatu wilayah terlihat dari pertumbuhan aktivitas ekonomi yang laju perkembangannya memunculkan pemenuhan kebutuhan dalam skala wilayah yang menjadi lokasi berkegiatan. Hal ini perlu dijawab dengan dukungan nyata dan tepat sasaran dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut sehingga pelaku wirausaha dapat menjaga keberlanjutan usahanya.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Bandung diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung pada hari Rabu (13/10) dalam rangka pelaksanaan Program Perencanaan dan Pembangunan Industri yang mampu menjawab kebutuhan dari para pelaku IKM di Kabupaten Bandung.

Kegiatan FGD secara resmi dibuka oleh Kepala Disperindag Kabupaten Bandung, Bapak Dicky Anugrah dan dihadiri oleh para pelaku IKM, perwakilan pihak legislatif dari komisi B DPRD Kabupaten Bandung, serta perwakilan beberapa dinas pemerintahan di kabupaten Bandung yang berkaitan dengan sektor industri dan perdagangan seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Ketahan Pangan dan Perikanan, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Dinas penanaman Modal dan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pertanian, Dinas Ketenagakerjaan, DInas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang serta Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah. Adanya kegiatan FGD ini juga diharapakan dapat menjadi media optimasi forum komunikasi yang membangun perkembangan IKM di kabupaten Bandung.

Proses fasilitasi diskusi pada sesi utama FGD dipimin oleh Bambang Bayu sebagai CEO The Local Enablers Community and Product Development, bersama dengan Ina Sawitri, Mifta Chuddin, dan Aryanita Sembiring sebagai co fasilitator. Kegiatan FGD diawali dengan pemaparan tentang 10 Tipe Inovasi sebagai pendekatan yang dapat digunakan oleh pelaku IKM dalam mengembangkan dan menjaga keberlanjutan usahanya. Kemudian melalui pendekatan tersebut juga proses diskusi pada sesi utama dibangun dengan memetakan kemudahan dan kesulitan yang dihadapi oleh para pelaku IKM pada masing-masing segmen inovasi.

Kegiatan berjalan antusias dan penuh energi, hal ini terlihat dari semangat peserta dalam menuangkan dan menuliskan pengalaman dan idenya pada lembar kanvas yang disediakan serta semangat beberapa peserta dalam menceritakan kondisi usahanya. Kegiatan kemudian ditutup secara resmi oleh kepala bidang Disperindag Kabupaten Bandung serta diakhiri dengan foto bersama.

#IKM #KabupatenBandung