Sumedang-tlecomprov.id – Pertumbuhan riil sektor wirausaha mengalami signifikansi dalam jumlah angka yang tercatat mencapai angka 64,2 juta pada tahun 2021, hal ini mengindikasikan jumlah yang besar dalam pertumbuhan angka, namun masih menyisakan tantangan dalam signifikansi dampak ekonomi secara makro yang terlihat dari jumlah pertumbuhan pembukaan lapangan kerja.

Seperti yang dituturkan oleh Dr. Eko dari Yayasan Masyarakat Indonesia Emas, bahwasannya “Meningkatkan rasio enterpreneur di Indonesia perlu dibarengi dengan inisiatif yang memperkaya ekosistem kewiraushaaan,” pada kegiatan pembukaan program UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas yang dilaksanakan pada Rabu, 27 Oktober 2021 yang berlokasi di IPP Kabupaten Sumedang.

Program ini merupakan bentuk inisiatif dalam upaya menyiapkan generasi muda di Kabupaten Sumedang agar dapat berperan menjadi wirausaha unggul yang mampu memajukan potensi lokal wilayah dengan dukungan menyeluruh yang disiapkan oleh pelaku multisektor yang menjadi mitra pelaksanaan program.

Kegiatan pembukaan program turut dihadiri oleh Sekda Sumedang, Deputi Kewirausahaan Kemenkop UMKM, Dirut BUMN RNI, dan POS Indonesia yang ikut mendukung kesiapan bantuan dalam memperkaya pertumbuhan wirausaha muda di Kabupaten Sumedang.

Program ini akan berlangsung selama 3 bulan yang terdiri dari kegiatan pelatihan dan pendampingan, akses pemasaran, akses dana dukungan usaha serta pengembangan produk berbasis komoditas lokal yang memiliki nilai tambah bersama narasumber, pendamping dan fasilitator yang berpengalaman dalam bidangnya, guna mengakselerasi pertumbuhan UMKM Milenial yang unggul, berkelanjutan dan berdampak.