SUKABUMI, TLECOMRPOV.ID – Pemberdayaan masyarakat dengan menghidupkan simpul komunitas di tengah masyarakat adalah kunci untuk meningkatkan taraf hidup melalui akses pertumbuhan yang lebih baik. Salah satu inisiasi yang digagas adalah program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) 2021 mengaktivasi peningkatan kapasitas kelompok UMKM khususnya bagi perempuan pada suatu wilayah.

Program GNRM 2021 merupakan kegiatan yang diinisiasi Kemenko PMK bersama Forum Rektor Indonesia dengan pelaksana perguruan tinggi se-Indonesia, termasuk Unpad. Program ini mengutamakan perwujudan nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong melalui peran aktif perguruan tinggi.

Pada perjalanan programnya, tantangan yang teridentifikasi pada target pemberdayaan pelaku UMKM terdapat pada konsistensi pertumbuhan usaha, yang terlihat dari presentasi, baru 7% UMKM yang berjejaring dalam rantai nilai global menurut Kementerian Koperasi dan UMKM Indonesia.

Hal ini menjadikan proses pemberdayaan masyarakat melalui kelompok UMKM menjadi semakin dibutuhkan, karena dampak produktifitas yang diberikan akan membawa pada perluasan kesempatan lapangan kerja yang menumbuhkan, seperti yang dikatakan oleh Dr. Elvi Citraresmana, M.Hum selaku ketua pelaksana kegiatan pada pembukaan program pembinaan ketiga yang dilakukan pada Kamis (30/9) lalu.

Kegiatan dilaksanakan bekerjasama dengan The Local Enablers Community and Product Development, melakukan pendampingan pada Kelompok UKM Saluyu, Sukabumi dengan bahasan mengenai pengembangan model bisnis dan manajemen keuangan usaha yang dipandu oleh Mohammad Zul Karami, S.H.Int dan Muhammad Nur Rijaldi, S.T.P, menekankan pada penyusunan bisnis secara pemodelan dan perhitungan Harga Pokok Produksi yang berlokasi di Tamansari Hotel & Resort. 

Elvi menuturkan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelaku usaha akan pentingnya perancangan strategi usaha dan perhitungan harga produk yang tepat untuk meningkatkan pendapatan yang terencana. “Sehingga melalui pertemuan luring ini dapat membangun pembelajaran intensif bertatap muka dengan narasumber berkenaan dengan perancangan strategi usaha hingga manajemen keuangan,” kata Elvi.

#umkm #gerakannasionalrevolusimental #pemberdayaan