Bingkai Pemberdayaan di Kampung Tembudan

Kampung Tembudan merupakan salah satu Kampung dengan kekayaan alam melimpah yang terdapat di Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur. Di Kampung Tembudan ini terdapat destinasi wisata alam nan indah di sudut Kampung Tembudan bernama Tulung ni Lenggo yang merupakan telaga biru dengan jernihnya air yang terlihat dasarnya meski dengan kedalaman 15 meter.

Potensi Kekayaan Alam

Selain wisata, kawasan Kampung Tembudan yang berada di Kecamatan Batu Putih memiliki akses yang dekat dengan Hutan Mangrove seluas 3000 hektar. Hutan Mangrove sendiri selain menjadi Kawasan yang berfungsi sebagai Kawasan pencegah abrasi di wilayah pantai Batu Putih, Buah Mangrove juga menjadi komoditas yang dimanfaatkan oleh masyarakat Tembudan.

Pemberdaya Kampung Tembudan

Sebagaimana yang dilakukan oleh Bapak Arif Swasono, seorang pemberdaya Kampung Tembudan yang memanfaatkan potensi Buah Mangrove yang dijadikan sebagai bahan pewarna alami dari kerajinan batik yang dimiliki olehnya. Sebagai pemberdaya di Kampungnya, Bapak Arif aktif melakukan edukasi dan mendorong masyarakat sekitar untuk dapat terlibat aktif dalam pemanfaatan potensi desanya dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat agar hidup lebih sejahtera.

Bapak Arif memiliki produk bernama Batik Alam yang memiliki corak khusus pada pola batiknya dan menggunakan buah Mangrove sebagai bahan baku pewarna alaminya. Pola batik yang digunakan oleh Bapak Arif melambangkan keterwakilan suku yang beragam yang terdapat di Kampung Tembudan dan Kecamatan Batu Putih. Namun pada proses usaha dari Batik Alam, masih memiliki kendala dalam proses pemasaran dan juga kemasannya.

Kolaborasi Pemberdayaan

Melalui aktivitas pemberdayaan dan pendampingan berupa kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas pelaku usaha, pemasaran dan pengemasan produk, mendorong bergulirnya produk Kampung Tembudan yang memiliki keunggulan.

 

 

 

 

Sembari menyambangi Batu Putih, pengunjung dapat menikmati sajian produk unggulan Kampung Tembudan untuk melengkapi nuansa wisata di Tulung ni Lenggo selama berkunjung di Kabupaten Berau. Atau dapat memesannya langsung melalui laman media sosial yang tersedia:

Arif Swasono: +62 853-4937-6055

http://facebook.com/batikalammangrovetembudan