Agar bisnis tetap berkembang di tengah pandemi

(Bandung/9) Perjalanan mengembangkan usaha di masa Pandemi memiliki proses kreatif yang menantang karena menjadi masa-masa adaptasi seorang pelaku usaha menyesuaikan diri dengan pendekatan baru untuk memaksimalkan usaha. Dinamikanya semakin terlihat manakala keharusan menyesuaikan diri dengan segera, karena tanda-tanda usaha menjadi rentan semakin terlihat, seperti transaksi penjualan yang terdampak misalnya, serta proses usaha lain yang bisa diidentifikasi secara dini.

Kesadaran akan tanda bisnis yang rentan, memberikan peluang dalam pemberdayaan di masa pandemi terutama bagi pelaku usaha yang terdampak dan mau untuk terus berkembang dengan pendekatan-pendekatan baru. Dengan memberikan wadah sebagai pemantik kesadaran mengembangkan usaha melalui cara-cara praktis bagi pemula, The Local Enablers melakukan kolaborasi bersama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung untuk mendampingi pelaku usaha secara langsung melalui kegiatan pelatihan.

Dimana kegiatan ini ditujukan bagi pelaku usaha ekonomi kreatif pemula di Kota Bandung yang berlangsung selama 3 Hari (7, 8 dan 14 September 2021) bertempat di Hotel Serella Bandung serta di hadiri oleh 45 orang pelaku usaha ekonomi kreatif di Kota Bandung. mempelajari character building, fundamental usaha, membekali dengan thinking skills (Design Thinking), hingga pengetahuan dan keterampilan teknis yang dibutuhkan dalam menejerial dan pengembangan usaha seperti kemampuan mengidentifikasi persona konsumen, termasuk di dalamnya memetakan pengalaman perjalanan konsumen, menentukan value dari produk usaha yang dijalankan hingga menenentukan Harga Pokok Produk (HPP) serta penyusunan strategi usaha dengan menggunakan Kanvas Model Bisnis.

Selain pelatihan yang sudah dilaksanakan, program ini juga akan dilanjutkan dengan pendampingan yang lebih intens kepada peserta yang hadir dalam pendampingan program aktivasi Coworkingspace Bandung di masing-masing kecamatan di Kota Bandung.