Pemberdayaan merupakan serangkaian kegiatan untuk memperkuat dan mengoptimalkan keberdayaan suatu kelompok dalam masyarakat, termasuk individu-individu yang terlibat dalam proses interaksinya. Dimana dalam meluaskan jangkauan manfaatnya, aktivitas pemberdayaan merangkul banyak daya untuk mewujudkan perubahan yang diinginkan pada suatu wilayah.

Kolaborasi Ekosistem bersama Bentara

Sebagaimana yang dilakukan oleh tim The Local Enablers Community and Product Development, yang melesat menuju tanah mutiara hitam di salah satu bentang alam di Kota Injil, Manokwari, berkolaborasi bersama Organisasi Bentara dalam rangka penguatan kelembagaan dan saling memperkaya sudut pandang dalam pemberdayaan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

Bentara merupakan kumpulan pemuda yang berinisiatif memberikan kontribusi menjaga kelestarian bumi Papua. Organisasi Nirlaba ini telah berdiri sejak 13 April 2012, yang berfokus pada pengelolaan Sumber Daya Alam dan pemberdayaan masyarakat di Papua. Berpondok utama di Manokwari yang disebut PaCE (Papua Center of Excellence) , Bentara aktif terlibat dalam edukasi pemberdayaan bagi masyarakat hingga hari ini.

Ruang Perkembangan

Dalam praktiknya, Bentara memiliki tantangan yang muncul saat proses interaksi dan penguatan kelembagaan bersama masyarakat, menyisakan ruang berkembang untuk memiliki daya perubahan yang lebih terukur dan membumi sebagai sebuah institusi.

Ruang perkembangan ini menjadi irisan kolaborasi kami bersama Bentara dalam memperkaya pemberdayaan yang semakin berdampak. Dimulai dengan proses observasi yang berlangsung selama 1 pekan, dari 3-10 April 2021. Observasi dilakukan dengan bersinggungan langsung bersama masyarakt, untuk mengetahui sudut pandang masyarkaat terhadap aktivitas pemberdayaan. Dimulai dengan mengunjungi beberapa titik lokasi di Manokwari, melihat lebih dekat proses pendampingan Bentara bersama masyarakat dan turut merasakan hidup menjadi masyarakat di berbagai kampung

Kampung Bamaha

Kampung pertama yang dituju adalah Kampung Bamaha di distrik Anggi, terletak dibagian selatan Manokwari, Pegunungan Arfak. Menembus belantara perjalanan yang cukup menantang menggunakan kendaraan 4 WD bermedan hutan, bukit dan sungai menjadi satu perspektif baru tantangan perkembangan yang di miliki oleh masyarakatnya.

Kampung Bamaha merupakan bagian dari distrik Anggi yang terhimpun dalam wilayah Pegunungan arfak, menyajikan alam yang indah berpadu langit biru, bukit berbaris dan danau yang menjadi daya tarik pariwisata, singgah kami selama 2 hari di station Bentara yang berlokasi di Kantor Kampung yang memiliki perpustakaan dan menjadi lokasi pembelajaran bagi warga desa yang ingin mengetahui hasil penelitian seputar pertanian.

Kampung Udahotma

Selanjutnya menuju Kampung Udohotma bertemu dengan petani Agrikultur yang tengah membudidayakan Kentang di depan rumah masing-masing, serta lokasi berkebun yang disebut dengan Greenhouse Kentang Udohotma, mempelajari teknik menanam dan proses hilirisasinya menuju pasar. Kemudian bertemu dengan pemuda yang begitu semangat membangun desanya, Michael yang banyak berbincang seputar kebudayaan serta pola kegiatan masyarakat setempat.

Kolaborasi Pemberdayaan

Memperkaya sudut pandang bersama dengan masyarakat semakin meningkatkan validasi terhadap kebutuhan yang diinginkan dalam proses pemberdayaan. Setelahnya, observasi dilakukan bersama dengan Bentara yang menjadi proses validasi sudut pandang pemberdayaan dari kacamata Bentara sebagai sebuat institusi. Dengan aktivitas workshop selama 2 hari yang dilakukan di Kota Manokwari bersama dengan 12 punggawa Bentara melihat proses pemberdayaan yang dilakukan dari berbagai sudut pandang tim Bentara.

Antusias pemberdaya Bentara begitu terasa energinya, dengan diskusi berjalan interaktif dan energik, menghasilkan sudut pandang yang kaya sebagai seorang pemberdaya. Terima Kasih Kakak-kakak Bentara yang telah menjamu kami selama perjalanan ini. Saksikan terus proses pemberdayaan kami bersama dengan Bentara di waktu selanjutnya ya!