Sifat malas pada diri seorang manusia adalah satu hal yang melekat sepanjang hidup yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian aktivitas manusia. Karena malas merupakan perilaku yang hampir semua orang miliki (Kamil, 2017).

Walaupun malas adalah salah satu sifat yang harus dijauhi oleh semua orang, karena malas secara bahasa memiliki arti tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu, namun terdapat sederet fakta menarik yang membuat malas justru mendatangkan hal baik bagi aktivitas keseharian kita:

1. Malas mencampuri urusan orang lain

Manusia hidup dengan urusan kehidupan masing-masing yang beragam, semakin banyak kita mencoba untuk mengatur urusan orang lain, semakin lelah hidup kita, jadi dengan malasnya kita mencapuri urusan orang lain, membuat kita semakin tenang dan memberikan energi positif kita dengan apa yang sedang kita kerjakan.

2. Malas membuat drama di rumah, kantor, dan circle pertemanan

Memberi respon sewajarnya pada sesuatu yang tidak sesuai rencana, atau keinginan kita adalah kunci membuat hidup menjadi penuh dengan produktifitas yang menyenangkan, dan berfokus pada hal-hal yang perlu diperbaiki daripada mempermasalahkan hal-hal kecil menjadikan kita lebih produktif beraktifitas.

3. Malas membanding-bandingkan diri dengan orang lain

Jika kita memberikan perhatian lebih pada diri kita sendiri dan tidak membanding-bandingkan dengan apa yang dimiliki oleh orang lain akan membuat kita menjadi orang yang pandai bersyukur dengan apa yang dimiliki, dan bersabar dengan sesuatu yang menimpa kita, semakin mahir dan pandai memberi respon, membuat hidup jauh dari masalah.

4. Malas jika tidak mencapai target

Sebagai manusia, agar hidup lebih terarah dan mudah membagi energi, mengusung target capaian tertentu dalam kehidupan adalah cara yang tepat untuk kita memiliki kehidupan yang terarah. Dalam bisnis, relasi, keuangan, atau yang lainnya.

5. Malas sering rebahan

Yang terakhir tentu menjadi bagian yang perlu kita pertimbangkan, rebahan memang bagian dari aktivitas rehat kita, tapi terlalu banyak rebahan membuat kita jadi lengah dari waktu-waktu produktif kita. Tidak apa jika masih sering rebahan, tapi mulai sekarang buat rebahannya jadi produktif.

Jadi dengan malas-malasan yang positif, kita bisa mendapatkan kehidupan yang lebih produktif dan mendapatkan aktivitas yang menyenangkan dalam hidup kita. Selamat bermalas-malas yang positif ya!