Tetap terampil di masa pandemi merupakan seni dalam mengembangkan usaha.

Halo Comprovian!

Merupakan sebuah tantangan bagi pelaku usaha untuk dapat menemukan jawaban atas masalah bisnis yang timbul dari aktivitas perkembangan usaha yang dimiliki. Dari mulai omset, harga pokok produksi, penjualan, proses transaksi hingga pemasaran produksi itu sendiri menjadi isu teknis yang pelu dibenahi secara terus menerus.

Terlebih di masa pandemi seperti ini, agar produk kita semakin laik mendapatkan perhatian dari konsumen, menjadi lebih penting dari sebelumnya untuk kita perhatikan.

Lalu seperti apa langkah yang perlu kita lakukan dalam mengatasi dinamika yang ada? berikut tips dan trik yang bisa dilakukan agar tetap terampil di masa-masa pandemi.

1. Kembangkan Produk

Mengembangkan produk agar lebih inovatif di masa pandemi adalah hal wajib untuk dilakukan agar bisnis tetap dilirik, caranya bisa dimulai dengan memahami perilaku konsumen, semakin dekat kita dengan kebutuhan konsumen, semakin tepat nilai dari produk yang kita miliki dengan kebutuhan konsumen semakin laik produk kita dapat perhatian lebih dari pelanggan kita.

Langkah tepat yang perlu dilakukan adalah, coba bertanya kembali kepada konsumen bisnis kita kenapa mereka membeli produk usaha kita? gali motivasi yang dimiliki konsumen sebagai keyword penting untuk mengembangkan produk kita dengan fitur dan keunggulan tertentu. Mari mulai mengerti tentang konsumen.

2. Membidik Pasar

Jika dirasa pengembangan kita sudah baik dalam prosesnya, selanjutnya memastikan pasar yang spesifik dan pelanggan yang produktif akan memudahkan bisnis untuk memaksimalkan promosi kita di berbagai platform teknologi yang sesuai dengan karakteristik konsumen. Agar proses biaya yang keluar tidak berakhir secara percuma, alias boncos namanya.

Langkah yang bisa kita lakukan adalah, melihat kembali tipikal konsumen yang paling sering beli produk kita, karena untuk proses awal, semakin spesifik jenis konsumennya, semakin baik kita mampu menyediakan informasi yang menarik untuk konsumen kita, misal Konsumen kita adalah seorang Mahasiswi yang ingin sehat dan hemat, atau Pensiunan sebuah Perusahaan yang ingin produktif, dan lain sebagainya. Coba kamu lakukan pada karakteristik Konsumen kita.

3. Menghitung Proses Usaha

Hitung menghitung dengan tepat dalam bisnis, akan membawa kondisi bisnis yang efektif dan efisien dalam mengelola pendapatan dan kebutuhan perjalanan usaha. Seperti menghitung harga pokok produk, mengamankan pengeluaran operasional, efisiensi strategi usaha, melakukan investasi pada teknologi atau ilmu pengetahuan menjadi langkah praktis yang dapat kita tempuh untuk menjaga keberlanjutan usaha.

Apakah mungkin untuk dilakukan? Sangat memungkinkan, seperti yang dilakukan oleh 200 pelaku usaha di Kota Bandung berinovasi dalam mengembangkan usaha yang dimiliki.

 

 

 

 

 

 

Artikel ini dapat kamu baca di laman sosial media kami di link berikut

https://www.instagram.com/tle_comprov/