Food Preparation adalah aktifitas atau kegiatan dari mulai pemilihan bahan makan sampai penyajian makanan yang bertujuan untuk membuat makan yang berkualitas tinggi.

Mengapa Ibu rumah tangga perlu melakukan ini ?

Jawabannya simple, agar menghemat tenaga, biaya serta waktu pada saat memasak. Banyak sekali ibu rumah tangga yang setiap harinya selalu hilir mudik ke pasar untuk belanja dengan harapan agar setiap harinya dapat mendapatkan bahan baku yang segar dan berkualitas. Tanpa disadari ketika kita pergi belanja setiap hari ke pasar atau bahkan ke warung ada banyak waktu yang terbuang yang sebetulnya dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan pekerjaan lain. Artikel ini akan memberikan beberapa tips bagi ibu rumah tangga agar bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan food preparation di rumah.

Apa yang harus kita lakukan?

Berikut tahapan yang harus dilakukan dan disiapkan untuk melakukan food preparation dirumah :

  1. Membuat Menu Mingguan

Salah satu yang dapat dilakukan adalah membuat planing menu mingguan, terkadang dikarenakan ibu dirumah masak setiap hari seringkali merasa bingung hari ini masak apa, nah ini bisa menjadi salah satu penyebab over budget pada saat belanja karena bingung sehingga belanjapun tidak beraturan. Alangkah lebih baik jika kita membuat menu mingguan agar belanjapun bisa lebih beraturan dan tau apa yang mau dibeli.

2. Membuat List Belanja dan Belanja Mingguan.

Setelah kita tau menu apa yang akan kita buat, kita bisa langsung membuat list belanja kira-kira apa nih yang perlu kta beli untuk membuat menu tersebut. Lalu dilanjutkan dengan pergi berbelanja, ingat belanja sesuai kebutuhan dan sesuai list belanja yang sudah kita buat.

3. Membersihkan, Memotong dan Menyimpan.

Setelah semua bahan kita beli, yang perlu kita lakukan adalah mencuci semua bahan yang kita beli meniriskan, memotong serta menyimpan bahan2 di dalam lemari pendingin. Biasanya pada tahap ini kita perlu menyiapkan beberapa wadah yang dapat digunakan untuk menyimpan sayuran atau bahn baku yang akan kita simpan. Bagai mana sih cara mencuci sayuran yang baik, cara memotong dan cara menyimpan bahan bakunya? penasaran kan ? nantikan artikel selanjutanya akan kita kupas habis bagai mana cara melakukannya.